Share

FASAD: Ciptakan Kesan Pertama yang Memukau

FASAD: Ciptakan Kesan Pertama yang Memukau

Pernahkah Anda melihat sebuah tempat dari jauh dan bertanya-tanya “Itu tempat apa ya?”

Fasad cafe, resto, dan outlet kuliner adalah elemen penting dalam strategi branding khususnya untuk cafe, resto atau outlet kuliner lainnya. Sebelum pelanggan datang dan mencicipi makanan, mereka akan terlebih dahulu melihat dari luar. Tampilan luar yang menarik perhatian tentunya akan mengundang banyak pelanggan untuk datang tetapi tampilan luar sebuah usaha tidak hanya berfungsi sebagai penarik perhatian, tetapi juga berperan besar dalam membentuk identitas merek, meningkatkan awareness dan penjualan, dan juga loyalitas pelanggan.

Dalam artikel ini, kita akan membahas pentingnya desain fasad dan bagaimana hal tersebut berkontribusi pada identitas brand dan strategi penjualan.

1. Apa itu Fasad?

Fasad adalah tampilan luar dari sebuah bangunan, yang mencakup elemen seperti arsitektur, warna, signage, dan pencahayaan. Dalam konteks cafe atau resto, fasad berfungsi sebagai ‘wajah’ yang pertama kali dilihat oleh pelanggan dan memberikan kesan pertama dalam benak pelanggan. Apakah menimbulkan ketertarikan, penasaran, keinginan dari calon pelanggan? Desain fasad yang menarik dan konsisten (apabila memiliki cabang) dengan konsep merek dapat menarik lebih banyak pengunjung.

2. Meningkatkan Daya Tarik Visual

Fasad yang menarik dapat berfungsi sebagai magnet bagi pelanggan baru. Di tengah persaingan yang ketat, tampilan luar yang unik dapat membuat usaha Anda menonjol, bahkan dari jauh mereka dapat melihat tempat Anda. Pertimbangkan penggunaan elemen-elemen seperti mural, pencahayaan yang menarik, atau bahkan taman vertikal untuk menarik perhatian.

Desain fasad tidak hanya harus menarik, tetapi juga menciptakan pengalaman. Pelanggan yang tertarik dengan tampilan luar kemungkinan akan merasakan nuansa yang sama di dalam. Dengan menciptakan suasana yang sesuai, Anda dapat membangun harapan dan meningkatkan kepuasan pelanggan.

3. Hubungan Antara Fasad dan Penjualan

Fasad yang menarik tidak hanya menarik pelanggan, tetapi juga dapat berkontribusi pada peningkatan penjualan. Penelitian menunjukkan bahwa bisnis dengan tampilan yang menarik cenderung memiliki tingkat konversi yang lebih tinggi.

Beberapa hal yang dinilai dapat mempengaruhi adalah:

Psikologi Warna

Penggunaan warna yang tepat dapat mempengaruhi emosi dan keputusan pembelian pelanggan. Misalnya, warna merah dan kuning sering digunakan di restoran cepat saji karena dapat meningkatkan nafsu makan. Memahami psikologi warna dalam desain fasad dapat membantu Anda menciptakan tampilan yang tidak hanya menarik, tetapi juga efektif dalam meningkatkan penjualan.

Media Sosial

Di era digital saat ini, tampilan fasad cafe atau resto sangat berpengaruh dalam konteks media sosial. Fasad yang Instagramable dapat menarik pengunjung yang ingin berbagi pengalaman mereka secara online. Meningkatkan eksposur di platform media sosial dapat berkontribusi pada peningkatan popularitas dan penjualan. Fasad yang menarik akan memudahkan untuk mendapatkan pelanggan baru dan untuk mereka dapat dengan mudah menemukan tempat Anda.

4. Ekspansi Usaha

Pembukaan cabang menandakan keberlangsungan sebuah usaha ke arah yang lebih baik. Dan bagaimana cara untuk mempertahankan setiap nilai, kualitas, pengalaman, dan kepercayaan yang telah dibangun? Tentunya melalui konsistensi fasad/tampilan luar yang sama dengan cabang lainnya. Pelanggan akan memiliki kesan yang telah terbangun selama ini dan tanpa ragu mereka akan datang ke tempat Anda

Dengan memahami hubungan antara fasad, branding, dan penjualan, pemilik usaha dapat menciptakan tampilan yang tidak hanya estetis tetapi juga efektif dalam menarik dan mempertahankan pelanggan. 

Share post: