Share

5 Trik Tentukan Layout Bisnis Kuliner yang Tepat

5 Trik Tentukan Layout Bisnis Kuliner yang Tepat

pebisnis kuliner wajib tau, layout restoran  memiliki peranan penting untuk memberikan kesan pertama yang baik di mata konsumen. Untuk memiliki layout restoran yang baik, kamu perlu memperhatikan sirkulasi dan jarak di dalam restomu dengan baik. Lantas bagaimana cara membuat layout yang baik untuk bisnis kulinermu? Simak penjelasan berikut!

  • Sesuaikan Layout dengan kapasitas dan target penjualan

Layout restoran berhubungan erat dengan terpenuhinya target penjualanmu. Ini karena nantarget penjualanlah yang nantinya menjadi dasar perhitungan berapa banyak kebutuhan meja, kursi, dan ruang gerak yang dibutuhkan. Tak hanya itu, #pebisniskuliner juga perlu menghitung ukuran dan kapasitas ruang operasional lain, seperti untuk area dengan mesin kasir, dapur, lobi, kamar mandi, wastafel, hingga ruang ibadah sesuai dengan target penjualan yang sudah ditentukan.

  • Sediakan Ruang Sirkulasi dan Jarak Aman

Sirkulasi yang dimaksud dalam layout restoran yang baik ialah arus datang dan perginya pengunjung, serta ruang gerak yang cukup untuk konsumen. Jangan sampai pengunjung tak nyaman karena kurangnya ruang untuk bersantai dan beraktivitas. Ini juga penting untuk pergerakan servis. Ruang sirkulasi sebuah restoran tersedia setidaknya 20% dari luasan total ruangan yang terpakai untuk makan.

  • Menentukan konsep indoor atau outdoor

Di area indoor, #pebisniskuliner harus memperhatikan dekorai tambahan. Ini karena lokasinya yang berada didalam ruang sehingga pengunjung akan fokus pada beberapa spot saja. Sedangkan pada area outdoor harus diperhatikan layout lokasi terutama ketika musim hujan. Maka, sebelum menentukan tata letak cafe, tentukan lebih dulu kebutuhan areanya. Apakah akan menggunakan konsep outdoor, konsep indoor, atau mungkin keduanya.

  • Menggunakan Ruang Bersekat atau Tidak

Biasanya ini digunakan untuk smoking room dan tidak atau ruang private dan umum. Semua ini sangat mempengaruhi layout dan desain cafe #pebisniskuliner. Mulai dari besaran meja, kursi dan peralatan lainya.

  • Udara dan Pecahayaan

Jika kamu ingin cafe memiliki kesan terbuka, bersirkulasi udara baik, dan memanfaatkan cahaya alami, kamu bias menggunakan jendela besar di cafemu dan menempatkan meja dan kursi di dekat jendela, selain itu pelanggan juga dapat melihat pemandangan sekitar. jika tidak, kamu bisa memanfaatkan cahaya lampu dengan memposisikan meja sesuai dengan arah cahaya lampu agar tidak terlalu banyak bayangan.

Dengan mengetahui cara menentukan layout sebuah restoran dan kafe kamu dapat menambah potensi penjualan dan layanan. Tataletak restoran adalah kenyamanan, dengan penantaan yang benar dapat dipastikan kenyamanan pelanggan pun terjamin dan mereka tidak segan untuk datang lagi ke tempat Anda.

Share post: